RATUSAN NYAMUK DEWASA MENINGGAL DUNIA DI DUSUN KASIN PUTUK DESA AMPELDENTO

  • Dec 20, 2022
  • AMPELDENTO.KARANGPLOSO

Sabtu, 17 Desember 2022 Pemerintah Desa Ampeldento melaksanakan kegiatan fogging di Dusun Kasin Putuk, sebanyak 250 rumah terealisasi dalam satu hari.

Fogging atau pengasapan adalah tindakan pengasapan dengan bahan insektisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk khususnya pembawa (vektor) penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Pemerintah Desa Ampeldento melakukan upaya strategis untuk mengatasi dampak tindakan pengendalian DBD dengan fogging atau pengasapan, mengingat tindakan tersebut tetap dilakukan terutama pada saat ditemukan kasus DBD dan atas rekomendasi hasil penyelidikan epidemiologi (PE).

Fogging yang tepat diharapkan dapat memaksimalkan pemberantasan nyamuk (vektor) DBD dan meminimalkan dampak negatif, baik berupa kekebalan (resistensi) dari vektor, tertinggalnya residu insektisida di lingkungan, keracunan dan lainnya. Pada kesempatan tersebut diingatkan bahwa dalam pengendalian DBD untuk lebih memperioritasakan dan mengutamakan pemberantasan sarang nyamuk atau PSN (vektor DBD) secara rutin.