PENYULUHAN GIZI SEIMBANG PADA IBU HAMIL OLEH MAHASISWA S1 KEBIDANAN INSTITUT TEKNOLOGI SAINS DAN KESEHATAN RS dr. SOEPRAOEN MALANG

  • Dec 26, 2022
  • AMPELDENTO.KARANGPLOSO

Kamis, 22 Desember 2022 mahasiswa ITSK RS dr. Soepraoen Malang melaksanakan kegiatan penyuluhan di Ponkesdes Dusun Bunder Desa Ampeldento, sebanyak 6 ibu hamil hadir dalam acara ini dari jumlah sasaran 10 ibu hamil.

Penyuluhan gizi seimbang pada ibu hamil adalah rencana tindak lanjut dari laporan asuhan kelompok komunitas mahasiswa S1 Kebidanan di Desa ini, yang bertujuan untuk meningatkan pengetahuan ibu hamil tentang pemenuhan nutrisi yang cukup saat masa kehamilan.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang berisi sambutan oleh ketua kader Desa Ampeldento, disertai dengan pemberian leaflet gizi seimbang pada ibu hamil sehingga mampu menerapkan makan makanan seimbang, dan langsung dilanjutkan pemaparan materi penyuluhan. Setelah pemaparan materi selesai dilanjutkan dengan sharing bersama dan pembagian doorprize untuk ibu hamil yang aktif berbagi pengalaman.

Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan mengenai gizi seimbang sesuai trimester kehamilan, dan komposisi menu sehari-hari yang adekuat untuk kehamilan. Kegiatan penyuluhan ini diharapkan mampu memotivasi ibu hamil dalam menerapkan “Isi Piringkumenggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring yang terdiri dari 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein, juga menekankan untuk membatasi gula, garam, dan lemak dalam konsumsi sehari-hari.