PROSESI PEMBUKAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM)/  KULIAH KERJA NYATA TEMATIK (KKNT) UNIVERSITAS BRAWIJAYA DI BALAI DESA AMPELDENTO

  • Jun 22, 2022
  • AMPELDENTO.KARANGPLOSO

    Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya resmi mengadakan PKM/ KKNT di 60 desa yang tersebar di Kabupaten Malang. Kegiatan PKM / KKNT dilaksanakan di salah satu desa tempat pelaksanaan, yaitu Desa Ampeldento yang diwakili oleh kelompok 42. Tepat pada tanggal 20 Juni 2022 dilaksanakannya prosesi pembukaan. Acara  pembukaan tersebut  dihadiri oleh mahasiswa yang bertugas, dosen pembimbing lapangan, serta beberapa perangkat desa. 
        
    Proses pembukaan PKM/ KKNT dilaksanakan dalam berbagai rangkaian dimulai dari kata sambutan dari koordinator desa yaitu saudara Muhammad Perdana, dilanjutkan oleh dosen pembimbing lapangan kelompok 42 yaitu Bapak Dr. Drs. Muhammad Shobaruddin., MA, dan dilanjutkan oleh Bapak Suhariyanto selaku Kepala Desa Ampeldento. Kemudian diadakan pemotongan tumpeng secara simbolis dan doa bersama untuk meresmikan kegiatan PKM/ KKNT di Desa Ampeldento.Setelah itu acara dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak kerja oleh para perangkat desa dan dosen pembimbing lapangan. Selanjutnya acara diakhiri dengan makan bersama oleh mahasiswa, dosen pembimbing, dan perangkat desa.

    Dalam sambutannya, Kepala Desa Ampeldento, Bapak Suhariyanto menyampaikan "Saya dan perangkat desa lainnya siap membantu jika saudara mahasiswa membutuhkan bantuan dalam pelaksanaan program kerja yang berlangsung di kurun waktu satu bulan kedepan. Semoga dalam pelaksanaannya, dapat diberikan kemudahan serta program kerjanya berdampak baik bagi pembangunan desa serta masyarakatnya". 
    
    Kepala Desa Ampeldento serta Dosen Pembimbing Lapangan kegiatan PKM/ KKNT juga berharap selain mengerjakan program kerja pokok para mahasiswa dapat turut meramaikan kegiatan yang dilakukan masyarakat desa seperti pengajian, senam, serta kegiatan solat berjamaah. 

    Dalam pelaksanaanya, kegiatan PKM/ KKNT di Desa Ampeldento diawasi langsung oleh Kepala Dusun Kasin Putuk, yaitu Bapak Moh. Atar Naswiyanto. Pengawas lapangan yaitu Bapak Moh. Atar Naswiyanto juga turut menandatangani kontrak kerja yang didalamnya berisi rangkaian program kerja yang akan dilaksanakan mahasiswa peserta KKNT di Desa Ampeldento. Dalam kontrak kerja tersebut tertulis mahasiswa akan melaksanakan empat program kerja yaitu perpustakaan digital, rangkaian kegiatan sosialisasi khusus untuk pelaku UMKM, pelaksanaan bazar, serta pembuatan Tourism Map untuk Desa Ampeldento.