KADES AMPELDENTO BENTUK TIM PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING DAN POSBINDU PTM DESA AMPELDENTO

  • Apr 01, 2022
  • AMPELDENTO.KARANGPLOSO

Kepala Desa Ampeldento meminta untuk seluruh kader kesehatan untuk bekerja secaa efektif agar percepatan penurunan stunting bisa segera dilakukan secara nyata dan berkesinambungan. Sesuai dengan Permendesa Nomor 19/2017 tentang prioritas penggunaan Dana Desa 2018, disebutkan bahwa Dana Desa dapat dipergunakan untuk penangan stunting sesuai musyawarah desa. Hal ini selaras dengan strategi nasional yang telah ditetapkan melalui Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting.

"Saya juga berharap atas nama Pemerintah Desa Ampeldento pengertiannya dari seluruh masyarakat dan segenap pemangku kepentingan untuk bersama-sama berkolaborasi melakukan percepatan penurunan stunting. Sebaik apapun program pemerintah tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat tentu tidak akan berhasil". kata Kades Ampeldento.

Kades Ampeldento juga menegaskan bahwa Pemerintah Desa Ampeldento memprioritaskan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) sebagaimana terekam dalam misi "Meningkatkan pemberdayaan perempuan dan kesejahteraan keluarga".

Kades Ampeldento sangat yakin bahwa citra suatu desa dilihat dari SDM yang dimilikinya. Karena itu, pihaknya bertekad mewujudkan Ampeldento nol Stunting pada akhir kepemimpinan sebaai kepala desa.

Penakanan ini disampaikan kepada kader kesahatan Ampeldento selaku tim pelaksana program percepatan penurunan stunting. Sebagai pimpinan desa, Suhariyanto (kades Ampeldento) tidak mau anak-anak yang dilahirkan lahir kekurangan gizi sehingga menghambat tumbuh kembang anak yang bersangkutan. Karena itu, pencegahan stunting sangat penting untuk dilakukan secara efektif, dan bersama-sama.

"Tim ini terdiri dari kader PKK, kader kesehatan, Perawat dan Bidan Desa dengan harapan dapat menjangkau lebih dekat dengan keluarga sasaran". sebutnya

Untuk itu, lanjut Bidan Desa, diperlukan sosialisasi masif terkait Rencana Program Percepatan Penurunan Angka Stunting di Desa Ampeldento. Sosialisasi ini bertujuan mendapatkan komitmen dari semua pihak dalam upaya penurunan stunting di Desa Ampeldento.

Selain tentang stunting, kades Ampeldento juga berharap tentang posbindu bisa berjalan dengan efektif, dengan besar harapan kader-kader kesehatan Ampeldento dapat membantu masyarakat jika ada pemeriksaan yang perlu ditindaklanjuti maka di rujuk ke puskesmas Karangploso.