FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS BRAWIJAYA GELAR KONSULTASI DAN PEMERIKSAAN GIGI GRATIS DI DESA AMPELDENTO

  • Jun 29, 2022
  • AMPELDENTO.KARANGPLOSO

Minggu (26/6) telah diadakan kegiatan pemriksaan gigi dan tensi gratis di Balai Desa Ampeldento. Kegiatan tersebut merupakan agenda kolaborasi dari kelompok PKM/KKNT Fakultas Ilmu Administrasi dengan kelompok Koas Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya. Kegiatan tersebut merupakan penerapan dan pelaksanaan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang memiliki tujuan untuk memberikan edukasi tentang kesehatan khususnya kesehatan gigi kepada masyarakat Desa Ampeldento. 
    Kegiatan tersebut diawali dengan pemberian sambutan oleh pendamping lapangan kegiatan PKM/KKNT di Desa Ampeldento yaitu Bapak Moh. Atar Naswiyanto. Dalam sambutannya, Bapak Moh. Atar menyampaikan ucapan terimakasih sekaligus apresiasi karena mahasiswa peduli akan kesehatan khususnya kesehatan gigi masayarakat Desa Ampeldento. Beliau juga berharap acara berjalanan dengan lancar tanpa adanya hambatan. 
    Kegiatan pemeriksaan gigi dan tensi dihadiri oleh masyarakat Desa Ampeldento mulai dari anak usia dini hingga dewasa. Edukasi yang diberikan pada kegiatan tersebut mulai dari cara menggosok gigi, pentingnya kesehatan gigi, hingga edukasi mengenai penyakit gigi mulai dari penyakit yang dapat dialami oleh anak-anak hingga penyakit gigi yang dapat di alami oleh orang dewasa juga. 
    Kelompok Koas Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya mengatakan bahwa kesehatan gigi khsusunya kesehatan gigi anak di Desa Ampeldento masih harus ditingkatkan lagi. Kasus yang ditemukan pada saat pemeriksaan gigi anak antara lain gigi karies atau gigi berlubang. Pada orang dewasa juga ditemukan kasus terbanyak yaitu gigi berlubang, lalu ada juga impaksi gigi bungsu serta karang gigi. Kelompok Koas FKG Universitas Brawijaya juga memberikan solusi berupa melakukan perawatan gigi di puskesmas atau dokter gigi, seperti penambalan gigi yang berlubang, serta pembersihan karang gigi.
    Kegiatan pemeriksaan gigi dan tensi darah berjalan sukses hingga akhir. Dengan mengadakan kegiatan ini kelompok PKM/KKNT Fakultas Ilmu Administrasi dan kelompok Koas Fakultas Kedokteran Gigi berharap masyarakat Desa Ampeldento akan lebih memperhatikan kesehatan gigi kedepannya dan mereka pun berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara rutin dan mendapat perhatian khusus dari masyarakat Desa Ampeldento.